Rabu, 26 Agustus 2015

Cecendet, Tanama sederhana namun kaya akan manfaat.


Tahukah Anda dengan tanaman di atas? Apa namanya?
Di daerah saya di Tasikmalaya, cecendet namanya. 

Cecendet atau ciplukan (Physalis angula), merupakan tanaman liar yang belum diberdayakan. Cecendet biasanya tumbuh di sawah  rawa, danau atau kolam kering pada musim kemarau. Saat ini juga di daerah saya sedang musim-musimnya tanaman ini tumbuh. 

Tanaman cecendet belum diberdayakan oleh petani, bahkan bagi sebagian petani tanaman ini termasuk pada tanaman liar dan pengganggu. Apabila tumbuh, dipangkas dan dibuang. Paling-paling dijadikan makanan ternak seperti domba atau kerbau. 

Tapi, tahukah anda banyak sekali manfaat yang terkandung dalam tanaman cecendet ini. Tanaman ini bisa dijadikan obat alternatif berbagai macm penyakit  dan khasiatnya terbukti. Percaya?

Manfaat Tanaman Cecendet

Menurut penleitian yang dilakukan oleh Irhantoro pada tahun 2012 menyimpulkan banyak manfaat dari tanaman cecendet tersebut. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman cecendet untuk mengobati berbagai macam penyakit:

1. Mengobati hipertensi

Tanaman ini bisa meredakan dan menyembuhkan penyakit hipertensi atau darah tinggi. Sediakan 5 gram cecendet yang sudah dikeringkan, Rebus dengan air sebanyak 110 ml selama 10-15 menit. Sesekali aduk. Selanjutnya saring dan ambil air rebusannya. Tunggu sampai dingin dan minum seletah dingin. Minum sehari 3 kali, pagi, siang dan sore.

2. Membantu mengobati kencing manis

Untuk pengobatan kencing manis, sediakan 10 gram tanaman cecendet yang sudah dikeringkan dan rebus dengan 400 ml air. Rebus selama 10 - 15 menit, dan saring dan tunggu sampai dingin. Selanjutnya air rebusnay diminum secara teratur 3 kali sehari

3. Membantu mengobati bisul

Untuk mengobati bisul sediakan 1 genggam tanaman ciplukan, 1 sendok teh adas, 1 lembar daun sirih, dan garam. Campurkan semua bahan tersebut, remas-remas sehinga menjadi lembut. Oleskan pada bagian sekitar bisul. Khasiatnya, bisul akan cepat pecah dan cepat kering. Selain untuk bisul, bisa juga untuk penyakit kulit lainya seperti borok.

4. Mengbati gusi berdarah

Cecendet kaya akan vitamin C sehingga baik untuk kesehatan gusi. Untuk mengkonsumsinya ambil buah cecendet yang sudah masak (supaya tidak kesat dan pahit) sebanyak 30 buah dan makan. Lakukan hal ini dalam beberapa hari.

5. Membantu mengobati ayan

Untuk mengobati ayan, konsmsi buah ciplukan secara rutin sebanyak 8-10 buah setiap hari.

6. Membantu mengobati penyakit paru-paru

Untuk mengobati penyakit paru-paru dengan cecendet, caranya sama denga nomor 1 dan 2. Pohon cecendet kering, direbus dan diminum air rebusannya.

7. Mengobati Influenza dan Sakit Tenggorokan.

Untuk pengobatan influenza atau sakit tenggorokan, tumbuhan ciplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.

Resep nomor satu bisa juga diberlakukan terhadap beberapa penyakit, seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).

Itulah beberapa manfaat tanaman yang bisa saya jelaskan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat. :)

4 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat sob, menambah pengetahuan banget nih, kerennn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan. Sering, sering mampir kesini gan.

      Kami akan selalu menyediakan arikel menarik lainya yang berhubungan dengan herbal

      Hapus
  2. ini makanan gue pas kecil ternya bermanfaat banget ya: ) keep posting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia gan sama. Pas lagi jaman gokil-golilnya.
      Tapi jangan salah loh. manfaatnya sangat luar biasa gan.

      Hapus